Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Mulai

Lutut

Rasindo News – Dalam anatomi manusia, lutut adalah sendi yang menghubungkan femur dan tibia. Karena pada manusia lutut menyokong hampir seluruh berat tubuh, lutut sangat rentan baik terhadap cedera akut maupun timbulnya osteoarthritis.

Lutut ialah struktur penting tubuh yang bertanggung jawab untuk bergerak dan menahan beban. Lutut adalah salah satu sendi terbesar dalam tubuh yang terdiri dari 3 tulang: tulang paha (femur), tulang kering (tibia), dan tempurung lutut (patela). Ketiganya menyatu oleh jaringan ligamen yang luas, tulang rawan, tendon, dan otot. Cedera lutut dapat disebabkan oleh kegiatan olahraga atau rekreasi, jatuh tak disengaja, dan kegiatan sehari-hari. Kebanyakan cedera ringan seperti luka dan memar dapat sembuh sendiri, tetapi cedera tertentu dapat menyebabkan kondisi serius yang dapat memengaruhi fungsi lutut dalam jangka panjang.

Cedera lutut pada tahap awal dapat muncul dengan gejala samar yang bisa memburuk seiring waktu.

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri sehatq.com “Lutut terkilir atau lutut keseleo adalah keadaan ketika terjadi peregangan berlebihan atau robekan pada sekumpulan jaringan ikat atau ligamen di sendi lutut. Ligamen merupakan jaringan yang menghubungkan tulang lutut yang satu dengan yang lain.

Saat lutut Anda keseleo, ligamen yang menghubungkan tulang paha dengan tulang kering mengalami cedera. Akibatnya, kondisi ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan hingga rasa nyeri pada penderitanya.

Lutut memiliki empat jaringan ikat utama, yaitu dua jaringan ikat yang menstabilkan lutut di bagian depan dan belakang, serta dua lainnya di bagian kanan dan kiri lutut. Karena itu, terdapat beberapa jenis lutut keseleo berdasarkan jaringan ikat mana yang mengalami robekan atau cedera.

Lutut keseleo dapat disebabkan oleh berbagai macam cedera. Cedera bisa terjadi akibat olahraga, terjatuh, maupun kecelakaan.Berdasarkan jenis ligamen yang mengalami cedera, lutut keseleo dapat dibagi dalam beberapa kelompok di bawah ini:

Cedera ligamen lutut depan (anterior cruciate ligament/ACL)

Cedera ACL biasa terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas melompat dan gerakan memutar pada sendi lutut yang tiba-tiba. Tak hanya itu, gerakan meluruskan sendi lutut secara berlebihan atau adanya benda yang menabrak lutut atau tulang kering juga dapat memicu cedera ini.

Cedera ligamen lutut belakang (posterior cruciate ligament/PCL)

Lutut keseleo akibat cedera PCL dapat muncul saat ada benturan keras pada lutut yang tertekuk. Misalnya, lutut yang terbentur dashboard mobil waktu kecelakaan atau Anda terjatuh dan bertumpu pada lutut yang sedang menekuk.

Cedera ligamen lutut sebelah luar (lateral cruciate ligament/LCL)

Cedera LCL terjadi ketika Anda mengalami pukulan pada bagian luar yang mendorong lutut Anda ke dalam (ke arah lutut sebelahnya). Tipe ini merupakan cedera lutut yang paling jarang karena lutut satunya masih dapat menahan tekanan.

Cedera ligamen lutut sebelah dalam (medial cruciate ligament/MCL)

Cedera MCL terjadi ketika ada sesuatu yang mendorong kaki Anda dari dalam ke arah samping luar, atau bila Anda terjatuh dalam posisi betis terputar ke arah luar.

Faktor risiko lutut keseleo

Beberapa faktor risiko lutut keseleo meliputi:

  1. Melakukan pekerjaan yang membuat lutut berisiko cedera (terpeleset, jatuh)
  2. Pernah mengalami cedera lutut
  3. Tidak pemanasan sebelum olahraga
  4. Olahraga secara berlebihan
  5. Tidak menggunakan perlengkapan saat olahraga”.

Editor:DTA

Iklan

Diterbitkan oleh CFJ Rasindo Group

PENDIRIAN PERSEKUTUAN CV FHESAGI JAYA pada tanggal 05 Desember 2007 Akta No 02/NOT/XII/2007 dan telah terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Sleman Yogyakarta pada tanggal 27 Maret 2008 di bawah nomor W13.U2.Kum.07.01.94.CV-2008 di tandatangai oleh Sugeng Wahyudi.S.H.,M.M Nip 040048098 sebagai perusahaan jasa Kontruksi, Realty, Perdagangan Industri sekuritas dan pada tanggal 07 Januari 2013 di lakukan Pemasukan dan Pengeluaran Persero serta Perubahan Anggaran Dasar dengan nomor Akta 01 terdaftar pada hari selasa tanggal 08-01-2013 dalam buku daftar Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kelas I Tanjung Karang dengan nomor 20.1.2013 yang di tandatangani Linda Birsye,S.H.,M.H. Nip 196105061985032002 juga mengembangkan menjadi perusahaan publik di Indonesia tahun 2017 dengan dengan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Perseroan nomor 45/02/NOT/XII/07/FJ/INT/BL-IX/2017 pada tahun 2019 terdaftar pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia AHU-0078382-AH.01.15 tahun 2019. CFJ Group melakukan ekspansi di bidang media dan merambah bisnis entertainment hospitality tahun 2021 dengan Akta Perubahan Anggaran Dasar nomor 19 tanggal 08-11-2021 Kemenkum Ham RI nomor AHU-0012110-AH.01.17 tahun 2021. Saat ini CFJ Group merupakan grup investasi terkemuka di Indonesia dengan 4 bisnis strategis: Media, Jasa Kontruksi, Entertainment Hospitality, Industri dan Digital lainnya. CFJ Group mengemban visi menjadi pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi pelopor pengembangan teknologi. Terdepan Dalam Menyajikan Berita-berita Paling Aktual, Cepat, dan Tepercaya. Realisasi pengembangan berikutnya Rasindo akan melakukan pengembangan yang signifikan dengan konsep baru di dalamnya agar Menjadi lebih kaya, lebih segar, lebih, elegan dan tentunya tetap mengedepankan unsur user-friendly, sebagai sumber informasi lengkap, yang tidak hanya menghadirkan berita dalam bentuk teks, namun juga gambar, video, hingga live streaming.

%d blogger menyukai ini: